Abstract:
Kepuasan nasabah merupakan aspek utama dalam memperhitungkan kualitas pelayanan, dimana nasabah memperhitungkan kinerja pelayanan yang
diterima serta yang dialami langsung terhadap sesuatu produk. Banyak faktor
yang dinilai dapat meningkatkan kepuasan nasabah antara lain keunggulan
produk dan prinsip syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Keunggulan Produk Berpengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman
Medan. Apakah Penerapan Prinsip Syariah Berpengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan dan Apakah Keunggulan
Produk dan Penerapan Prinsip Syariah Secara Simultan Mempengaruhi Kepuasan
Nasabah Di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah di PT Bank
Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Sampel penelitian diambil dengan
menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus slovin yaitu
sebanyak 92 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji
asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keunggulan produk secara
langsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan Nasabah pada
Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan dengan nilai
thitung 3,871. Variabel Prinsip Syariah secara langsung juga memiliki pengaruh
signifikan terhadap kepuasan Nasabah pada Kepuasan Nasabah di Bank Aceh
Syariah Cabang S. Parman Medan dengan nilai thitung 2.992. Dan secara simultan
variabel keunggulan produk dan prinsip syariah juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah
Cabang S. Parman Medan sebesar 26,777 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005.