Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya
kemampuan seni anak kelompok B, TK ABA 09 Kecamatan Medan Denai. Hal
ini mungkin dikarenakan media, metode dan strategi yang digunakan guru belum
efektif dan kurang memotivasi minat belajar anak. Berdasarkan masalah di atas,
diharapkan melalui kegiatan montase dapat meningkatkan kemampuan seni anak.
Dalam proses pelaksanaannya peneliti yang bersubjektif 15 anak dengan rincian 7
anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya. Alat yang digunakan adalah
lembar instrument penilaian,dan observasi. Teknik analisis data dilakukan
dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penilaian ini dilakukan melalui 3 siklus
dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaa, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan seni anak kelompok B pada pra
siklus sebanyak 16,67% pada siklus 1 meningkat menjadi 31,67% pada siklus 2
meningkat menjadi 48,32% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 75,25%
perolehan persentase pada siklus 3 membuktikan bahwa penelitian ini telah
mencapai indikator keberhasilan yaitu kemampuan seni anak mengalami
peningkatan ≥75%. Hal ini menyimpulkan bahwa kemampuan seni anak
kelompok B TK ABA 09 Kecamatan Medan Denai meningkat dengan baik