Research Repository

Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di MTs Muhammadiyah 15 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Ahmadi, Pikran
dc.contributor.author Kasduri, Mario
dc.date.accessioned 2021-10-02T06:56:46Z
dc.date.available 2021-10-02T06:56:46Z
dc.date.issued 2021-09-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15514
dc.description.abstract Latar belakang penelitian yang ditemui dilapangan adalah para siswa MTs 15 Muhammadiyah Medan ditemukan sebuah permasalahan di sekolah tersebut tentang banyaknya siswa yang belum mampu membaca Al-Quran sesuai kaedah-kaedah tajuwid. sebuah permasalahan ini adalah salah satunya kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya dalam mengenalkan huruf-huruf Al-Quran,orangtuanya kurang memikirkan anaknya untuk kedapannya sehingga anak tersebut tidak bisa membaca Al-Quran dengan sesuai dengan kaedah-kaedah tajuid. ditemukan juga sebuah permasalahan yaitu kurangnya dukungan masyarakat akan pentingnya belajar Al-Quran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan subyektif, terhadap fenomena yang ada pada seluruh populasi melalui sampel yang penulis angkat sebagai subyek penelitian. Yang dimaksud subyek penelitian disini adalah sumber tempat untuk memperoleh keterangan penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan semple populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes , metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan membaca al-Qur’an siswa-siswi MTs Muhammadiyah 15 Medan yang menggunakan metode iqro’ cukup baik karena hasil tes kemampuan membaca al-Qur’annya mencapai rata-rata 79.6, hal ini tergolong baik. hasil tes bacaan al-Qur’a metode Iqra’ nilai rata-rata tertinggi adalah kelancaran, yaitu 73,73, sementara nilai rata-rata makhrijul huruf adalah 68,25 dan nilai rata- rata tajwid 58,5, maka proses pembelajaran di MTs Muhammadiyah 15 Medan harus ditingkatkan lagi, lebih-lebih pada tajwid dan makhrijul hurufnya, supaya kemampuan baca al-Qur’an siswa-siswi lebih baik. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Metode Iqro en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.title Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di MTs Muhammadiyah 15 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account