Abstract:
Penelitian ini dibuat karena masih belum optimalnya penghimpunan zakat diwilayah kota medan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya membayar zakat, dan Banyak juga kendala yang dirasakan dikarenakan masalah internal maupun eksternal baik itu proses pengimpunan secara langsung maupun tidak langsung dan masih membutuhkan sebuah perencanaan Yang baik sehingga dalam proses penghimpunan dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran..
Dalam penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif yang terdiri dari studi pustaka,wawancara,observasi dan dokumentasi yang dilakukan disebuah lembaga zakat yang berada di Kota Medan yang bertempat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit Haji-Medan Estate, Deli Serdang Sumatera Utara. Hasil penelitian strategi fundraising di baznas dalam menghimpun dana ZIS yakni dengan mengadakan sosialisasi yang bersifat umum kepada masyarakat kota medan dengan menyampaikan mengenai zakat dan berusaha menyadarkan masyarakat untuk mampu membayar zakat, strategi penghimpunan zakat dibaznas meliputi dari individu dan instansi pemerintahan yang bekerjasama dengan baznas. Strategi fundraising zis dalam business model canvas dengan mencakup beberapa elemen yakni customer segment, value proposition, channels, customer relationship,revenue stream, key activity, key resources, key partnership dan cost structure. Dengan masing-masing elemen memberikan penjelasan sebuah lembaga mencari muzakki, menjaga hubungan dengan muzakki dan memberikan pelayanan kepada para muzakki.