Abstract:
Berdasarkan pengamatan awal pada anak di RA Al-Falah Rantauprapat, menunjukkan bahwa kemampuan kosa kata anak dalam berbahasa Inggris masih cukup rendah. Anak enggan mengutarakan kata-kata berbahasa Inggris pada saat dilakukan interaksi antara guru dan anak. Selain itu, kondisi anak yang lambat berbicara ada yang masih celat, kalimat anak yang sulit dipahami, dan kata-kata anak yang tidak jelas diuatarakan. Selanjutnya media dan metode yang digunakan guru tidak pernah berubah masih menggunakan metode ceramah. Hal Ini mengakibatkan kurangnya interaksi anak terhadap guru dalam kegiatan berbahasa dengan bahasa Inggris. Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan bahwa kosa kata anak RA Al-Falah Rantauprapat dalam berbahasa Inggris masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa peningkatan kosa kata Bahasa Inggris Anak RA Al-Falah Rantauprapat melalui mind map berhasil ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase secara keseluruhan dari pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan anak adalah BSH dan BSB dengan keberhasilan minimal 80% maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus sebesar 24,5%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 46,7%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 68,9%, selanjutnya pada siklus tiga rata-rata yang diperoleh anak adalah 86,7%