dc.description.abstract |
Radio swasta selain sebagai media yang menjadi sumber hiburan dan informasi bagi khalayak, berdiri untuk meraih pendengar sebanyak-banyaknya sehingga aspek rating sangat diperhitungkan. Jumlah pendengar yang banyak akan menjadi pertimbngan besar bagi pengiklan untuk menggunakan media tersebut. Oleh karena itu, radio harus meningkatkan produktifitas dan kualitas mereka mengingat hasil rating masih menjadi acuan para pengiklan untuk menentukan media beriklan karena industri media termasuk radio mendapatkan keuntungan melalui pengiklan sebagai sumber pemasukannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi Radio Start FM dalam meningkatkan jumlah pengiklan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Dengan objek penelitiannya adalah Manajer dan Penyiar Radio Start FM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh radio Start FM yaitu radio strategi menggunakan strategi Three Ways Strategy menurut Philip Kotler dalam bukunya, strategi pull melakukan berbagai cara menarik perhatian untuk meningkatkan penjualan, strategi push mendorong pengiklan lama dan pengiklan baru dengan berbagai penawaran menarik, dan strategi pass mempengaruhi, sebagai upaya untuk menciptakan image yang menguntungkan. |
en_US |