Abstract:
Kampas rem merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang berfungsi
untuk memperlambat atau menghentikan sepeda motor dengan nyaman. Maka
peneliti ingin mengetahui nilai keausan kampas rem dengan menggunakan
material komposit ramah lingkungan dengan beberapa variasi komposisi
material. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk arang lidi
kelapa sawit, resin dengan katalis sebagai pengering. Pembuatan kampas rem
diperoleh dengan mencampurkan semua bahan dan dicetak lalu di panaskan
hingga mengeras. Pengujian dilakukan pada uji keausan, material kampas rem
pada penelitian ini di uji keausan dengan variasi bahan yang disajikan pada
diagram alir pengujian. Pengujian untuk mengetahui tingkat keausan dilakukan
dengan menggunakan alat Brake Dyanamometer, dengan massa beban
pengereman 500gr, 1000gr, dan 1500gr, dari hasil pengujian dapat dihasilkan
kampas rem no.1 yang memiliki tingkat keausan paling baik/kecil dengan nilai
1,055x10-5gram/detik pada beban massa pengereman 500gr dan variasi bahan
serbuk 3gr, 4gr dan 5gr. Dan jika sudah memenuhi karakteristik akan dibuat
kampas rem yang terbaik dalam bentuk yang lebih baik