Abstract:
Kampas rem adalah bagian atau komponen yang penting pada setiap transportasi darat untuk memperlambat kecepatan putaran roda. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan meneliti tingkat keausan kampas rem berbahan komposit serbuk lidi kelapa yang menggunakan variasi bahan serbuk lidi kelapa yang berbeda agar mendapatkan mendapatkan tingkat keausan yang paling kecil. Bahan yang digunakan untuk membuat kampas rem berbahan komposit ini adalah serbuk lidi kelapa, serbuk alumunium, serbuk baruium sulfat, serbuk kalsium karbonat, serbuk grafit/arang, aerosol fiberglass, resin dan katalis sebagai pengikatnya. Proses pembuatan dilakukan dengan mencampurkan semua bahan sesuai komposisi yang telah ditentukan, setelah itu melalui proses kompaksi atau penekanan 30 menit dengan massa sebesar 2000kg kemudian memasuki proses sintering atau pemanasan selama 20 menit. Penguji untuk mengetahui tingkat keausan di lakukan dengan mengunakan alat Brake Dynamometer, dengan massa beban pengeraman 500gr, 1000gr, dan 1500gr dari hasil pengujian dapat di hasilkan kampas rem no.1 memiliki tingkat keausan lebih kecil dengan nilai 0.821 gram/mm2 detik pada beban pengereman 500gr, memilik tingkat keausan 0.821gram/mm2 detik pada beban pengereman 1000gr, dan memiliki tingkat keausan 1.642 gram/mm2 detik dan jika sudah memenuhi karakteristik akan di buat kampas rem yang terbaik dalam bentuk yang lebih baik.