dc.description.abstract |
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok konsep persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan T.P 2019/2020. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok konsep persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan T.P 2019/2020. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII-IPS SMA Negeri 16 Medan tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 32 orang siswa. Dari hasil penelitian di peroleh nilai ratarata pre test pada kelas XII IPS sebelum menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 72,22 dengan standar deviasi 10, dan diperoleh nilai rata-rata post test pada kelas XII IPS setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 87,03 dengan standar deviasi 4,59. Dari hasil penelitian dan diperoleh nilai tertinggi sebesar 90 dan nilai terendah 50. Dan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 16 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebesar 16 orang. diperoleh nilai tertinggi sebesar 95 dan nilai terendah 80. Dan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 32 orang siswa. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh
12,88 dan bila di konsultasikan dengan nilai pada taraf signifikan
0,05 dan df = N-1 = 32-1 = 31, maka . Dengan membandingkan
antara dengan dengan kriteria > 12,88 > 1,695)
sehingga ditolak dan diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh
Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) hasil belajar siswa materi
pokok persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. |
en_US |