Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
ukuran perusahaan berpengaruh terhadap NPM pada perusahaan keramik dan porselin yang terdaftar di BEI. Untuk mengetahui dan menganalisis modal sendiri berpengaruh terhadap NPM pada perusahaan keramik dan porselin yang terdaftar di BEI. Untuk mengetahui dan menganalisis ukuran perusahaan dan modal sendiri
berpengaruh terhadap NPM pada perusahaan keramik dan porselin yang terdaftar di BEI Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan alat uji korelasi
product moment dan korelasi berganda tetapi dalam praktiknya pengolahan data
penelitian ini tidak diolah secara manual,namun menggunakan software statistik
SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi ukuran perusahaan berdasarkan uji t diperoleh sebesar 0.000(Sig 0.000 < α0,05) dengan demikian Ha diterima. kesimpulannya : ada pengaruh negatif ukuran perusahaan terhadap NPM. Nilai signifikansi modal sendiri berdasarkan uji t diperoleh sebesar 0.000 (Sig 0.000< α0,05) dengan demikian Ha diterima. kesimpulannya : ada pengaruh signifikan modal sendiri terhadap NPM. Hasil uji F diatas diperoleh nilai signifikan 0.000 (Sig. 0.000< α0,05) dengan demikian Ha diterima . kesimpulannya : ada pengaruh signifikan Ukuran perusahaan dan modal sendiri terhadap NPM