Abstract:
Samsat Online Nasional adalah layanan jaringan elektronik untuk
pembayaran dan pengesahan tahunan secara online pajak kendaraan bermotor.
Layanan Samsat Online Nasional ini bertujuan untuk memberikan kemudahan
pelayanan kepada masyarakat. Samsat Online Nasional merupakan inovasi
internal yang dilakukan oleh pihak Kantor Samsat sebagai wujud pelayanan prima
kepada masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pelayanan
prima adalah pelayanan yang diberikan secara baik atau sebaik mungkin kepada
para pelanggan, sehingga pelanggan menjadi merasa puas. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui efektivitas pelayanan samsat online nasional dalam rangka
mewujudkan pelayanan prima dikantor samsat Medan Selatan. Metode yang
digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif dan
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pelayanan samsat online nasional dalam rangka
mewujudkan pelayanan prima di kantor samsat belum berjalan efektif. Hal ini
dapat dibuktikan dengan berdasarkan kategorisasi seperti transparansi dalam
Samsat Online Nasional sudah bersifat transparan namun belum banyak
masyarakat yang mengtahui mengenai Samsat Online Nasional hal ini
dikarenakan pihak samsat tidak melakukan sosialisasi kepada masyarakat, UPT
Samsat Medan Selatan tidak memiliki strategi khusus dalam membangkitkan
partispasi sehingga partispasi masyarakat dalam penyelenggaran pelayanan
samsat online nasional masih sangat kecil, para pegawai samsat Medan Selatan
sudah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan SOP, dalam menunjukan
kepeduliannya kepada masyarakat pegawai samsat membantu dan mengarahkan
wajib pajak dan tidak ada perbedaan dalam memberikan pelayanan antara
masyarakat satu dengan yang lain.