Abstract:
Aksesibilitas pelayanan pendidikan adalah kemudahan dan kesamaan kesempatan
masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan pendidikan. Aksesbilitas pelayanan
pendidikan juga berkaitan dengan usaha yang dilakukan oleh lembaga pendidikan
dalam rangka menciptakan kepuasan dan harapan dari konsumen pendidikan.
Penelitian ini dilakukan di Dinas Sosial Kota Medan, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Fungsi Pengawasan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam
Rangka Peningkatan Aksebilitas Layanan Pendidikan di Dinas Sosial Di Kota
Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan
pengolahan data kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu
fenomenal dilapangan dan menjabarkan temuan di lapangan. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa Fungsi Pengawasan Program Keluarga Harapan (PKH)
dalam Rangka Peningkatan Aksebilitas Layanan Pendidikan di Dinas Sosial di
Kota Medan sudah berjalan dengan baik, namun belum efektif karena masih ada
kendala-kendala atau penyimpangan yang terjadi dimasyarakat yang didasarkan
pada kategorisasi seperti adanya pemantauan Program Keluarga Harapan yang
dilakukan oleh Dinas Sosial kota Medan sudah tepat sasaran dan terlaksana
dengan baik, tetapi ada beberapa penyimpangan didalam program pemantauan ini,
maka pemantauan harus sering dilakukan agar tercapai tujuan prosedur
pemantauannya. Bimbingan dan pengarahan dalam pelaksanaan PKH sudah
dilakukan secara rutin. Kemudian tindakan disiplin pelaksanaan PKH bidang
pendidikan belum optimal karena masih banyak penyimpangan yang terjadi
dilapangan. Selanjutnya untuk tindakan koreksi dan perbaikan PKH bidang
pendidikan sudah ditetapkan dilingkungan Dinas Sosial Kota Medan. Adapun
kendala lain yaitu pada saat pencairan dana PKH, dana yang masuk tidak sesuai
dengan waktu yang sudah ditentukn atau terlambat masuk