Research Repository

Pengaruh Penggunaan Strategi Inside Outside Circle terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Dewinta, Nurmiani
dc.date.accessioned 2021-08-20T02:57:08Z
dc.date.available 2021-08-20T02:57:08Z
dc.date.issued 2021-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15293
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan Strategi Inside Outside Circle dan menggunakan Strategi Konvensional berdasarkan sistematika penulisan oleh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pop ulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan yang berjumlah 75 orang yang tersebar dalam 3 kelas, Sampel diambil dari keseluruhan populasi karena jumlah populasi kurang dari 100. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk True Experimental Design tipe Posttest-Only Control Design. Instrumen atau alat yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah tes esai yakni tentang kemampuan menulis surat resmi berdasarkan sistematika penulisan. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VII-A (kelas eksperimen) yang menggunakan Strategi Inside Outside Circle berjumlah 25 orang adalah 84,04 menunjukkan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 12 siswa (48%) kemampuan sangat baik dan 13 siswa (52%) kemampuan baik. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas VII-B (kelas kontrol) yang menggunakan Strategi Konvensional berjumlah 26 orang adalah 64,69 menunjukkan kemampuan kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 2 siswa (7,69%) kemampuan sangat baik, 6 siswa (23,07%) kemampuan baik, 9 siswa (34,61%) kemampuan cukup, dan 9 siswa (34,61%) kemampuan kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil hipotesis yang diperoleh, rata-rata siswa yang menggunakan Strategi Inside Outside Circle sebesar 84,04 lebih tinggi dari pada hasil rata-rata siswa menggunakan Strategi Konvensional sebesar 64,69. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan strategi Inside Outside Circle terhadap kemampuan menulis surat resmi kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.subject Strategi Inside Outside Circle en_US
dc.subject Menulis Surat Resmi en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Strategi Inside Outside Circle terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account