Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis surat resmi
dengan menggunakan Strategi Inside Outside Circle dan menggunakan Strategi
Konvensional berdasarkan sistematika penulisan oleh siswa kelas VII SMP
Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pop ulasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan
Keluarga Medan yang berjumlah 75 orang yang tersebar dalam 3 kelas, Sampel
diambil dari keseluruhan populasi karena jumlah populasi kurang dari 100. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yakni random sampling. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk True Experimental Design
tipe Posttest-Only Control Design. Instrumen atau alat yang digunakan untuk
mendapatkan data dalam penelitian ini adalah tes esai yakni tentang kemampuan
menulis surat resmi berdasarkan sistematika penulisan. Hasil penelitian yang
diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VII-A (kelas eksperimen) yang menggunakan
Strategi Inside Outside Circle berjumlah 25 orang adalah 84,04 menunjukkan
kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa
12 siswa (48%) kemampuan sangat baik dan 13 siswa (52%) kemampuan baik.
Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas VII-B (kelas
kontrol) yang menggunakan Strategi Konvensional berjumlah 26 orang adalah
64,69 menunjukkan kemampuan kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh
dapat diketahui bahwa 2 siswa (7,69%) kemampuan sangat baik, 6 siswa
(23,07%) kemampuan baik, 9 siswa (34,61%) kemampuan cukup, dan 9 siswa
(34,61%) kemampuan kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil hipotesis yang
diperoleh, rata-rata siswa yang menggunakan Strategi Inside Outside Circle
sebesar 84,04 lebih tinggi dari pada hasil rata-rata siswa menggunakan Strategi
Konvensional sebesar 64,69. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan
bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan strategi Inside Outside
Circle terhadap kemampuan menulis surat resmi kelas VII SMP Yayasan
Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020