Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem
pengendalian intern penerimaan kas dan melakukan analisis terhadap sistem
pengendalian intern yang terdapat pada PT. Pos Medan, apakah telah sesuai
dengan unsur-unsur sistem pengendalian intern oleh Mulyadi.
PT. Pos Medan merupakan sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara
yang bergerak dibidang pelayanan kepada masyarakat. Permasalahan yang timbul
dalam penelitian ini, dimana masih terdapat dalam catatan dokumen pendukung
atas transaksi penerimaan kas bukti pembayaran air dan lampu yang belum dicap
stempel “Lunas” oleh bagian loket perusahaan yang di khawatirkan akan terjadi
pencatatan kembali oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan akan
memberikan kesalahan komunikasi terhadap pelanggan dan loket setelah
terjadinya pembayara atas transaksi tersebut.tidak adanya pertanggung jawaban
atas kerusakan barang yang dikirim melalui kantor pos sehingga menimbulkan
kekecewaan terhadap pelanggan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif untuk
melakukan analisis terhadap sistem pengendalian intern penerimaan kas
perusahaan. Dalam hal penelitian terhadap efektifitas perusahaan, penelis
melakukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara,
yaitu dengan melakukan tanya jawab langsung kepada bagian keuangan
perusahaan.
Berdasarkan hasil wawancara dengan menggunakan penilaian yang diukur
dengan keempat unsur sistem pengendalian intern, maka dapat diambil
kesimpulan bahwa pengendalian intern kas yang diterapkan oleh PT. Pos Medan
sudah cukup berjalan dengan baik namun harus perlu dilakukan ketelitian dan
pengawasan kembali agar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan unsur-unsur
pengendalian intern