dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategi humas
dalam meningkatkan citra perusahaan PT. Platinum Waterpark Bagan Batu,
perencanaan strategi apa saja yang digunakan, apa saja hambatannya dan
bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian
ini sudah dilakukan selama kurang lebih 2 bulan terhitung dari bulan Februari
2021. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang yaitu Manajer dan
Humas PT. Platinum Waterpark Bagan Batu. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan setelah datadata diperoleh melalui teknik wawancara mendalam. Kemudian data-data tersebut dianalisis secara saling berhubungan untuk mendapatkan dugaan sementara, yang dipakai untuk mengumpulkan data berikutnya. Lalu dikonfirmasi dengan narasumber atau informan secara triangulasi. Analisis data terdiri dari tiga alur
kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah bahwa perencanaan
strategi humas PT. Platinum Waterpark mengacu pada prinsip POAC (Planning,
Organizing, Actuating, Controlling). PT. Platinum Waterpark Bagan Batu
membuat perencanaan program terlebih dahulu, setelah itu menentukan divisi/tim
yang sesuai dengan kinerja masing, lalu program/rencana tersebut dilaksanakan,
yang terakhir adalah pengawasan. Pengawasan merupakan hal yang paling
penting, karena jika tidak ada nya pengawasan maka perencanaan,
pengorganisasian serta pelaksanaan tidak akan berjalan baik. Pengawasan
berfungsi untuk mengurangi adanya kendala serta masalah yang akan terjadi. PT.
Platinum Waterpark Bagan Batu sering melakukan promosi-promosi serta
kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) untuk meningkatkan citra
perusahaan serta menarik perhatian pengunjung. |
en_US |