dc.description.abstract |
Opini publik dapat didefinisikan sebagai kumpulan pendapat orang yang
berbeda kompleks. Tanggapan terhadap cita rasa, kualitas pelayanan, dan
harga Roti Ganda yang dinyatakan berdasarkan kata-kata, baik dalam bentuk
opini tertulis maupun secara lisan sehingga mampu membangkitkan,
menggugah rasa tertarik khalayak sehingga timbul keinginan untuk membeli
hingga tindakan membeli. Opini publik terhadap cita rasa, kualitas pelayanan, dan
harga yang disajikan oleh pihak Roti Ganda sehingga timbul Attention (perhatian),
Interest (minat), Desire (hasrat/keinginan), Decision (keputusan), Action
(tindakan) pada masyarakat. Opini masyarakat cenderung membenarkan bahwa
terdapat hubungan antara cita rasa, kualitas pelayanan, dan harga tentang oleholeh
khas Roti Ganda terhadapt minat beli masyarakat. Dapat disimpulkan dari
data jawaban responden bahwa masyarakat Kelurahan Setia Negara dalam
melakukan pembelian tentang Roti Ganda terdapat hubungan dengan cita rasa,
kualitas pelayanan, dan harga dari opini masyarakat. Pada penelitian ini teori yang
digunakan adalah teori Aidda dengan metode penelitian yaitu metode penelitian
kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis
data tabel tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat hubungan
opini masyarakat Kota Pematangsiantar tentang oleh-oleh khas Roti Ganda
terhadap minat beli masyarakat. Dalam melakukan pembelian tentang Roti Ganda
terdapat hubungan dengan cita rasa, kualitas pelayanan, dan harga dari opini
masyarakat. |
en_US |