Research Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini oleh Siswa Kelas XI SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Rezeki, Sri
dc.date.accessioned 2021-06-04T08:17:50Z
dc.date.available 2021-06-04T08:17:50Z
dc.date.issued 2021-04-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15146
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menentukan fakta dan opini menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Medan yang berjumlah 65 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan disain penelitian True Experimental design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas XI IPA yang setelah menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament berjumlah 30 siswa adalah 85,83 menunjukan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 20 siswa (60%) sangat baik, 6 siswa (24%) baik, 0 siswa (0%) cukup, 4 siswa (16%) kurang dan 0 siswa ( 0%) sangat kurang. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh sebelum menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) berjumlah 30 orang adalah 32,36 menunjukan kemampuan kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 2 siswa (9%) sangat baik, 1 siswa (3%) baik, 1 siswa (3%) cukup, 4 siswa (25%) kurang, 22 siswa (60%) sangat kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil hipotesis membuktikan nilai rata-rata hasil kerja siswa yang setelah menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 85,83 lebih tinggi dari pada hasil rata-rata siswa sebelum menggunakan metode Teams Games Tournament sebesar 32,36. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan menentukan fakta dan opini oleh siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Teams Games Tournament en_US
dc.subject Menentukan Fakta en_US
dc.subject Opini en_US
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini oleh Siswa Kelas XI SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account