Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menentukan fakta dan
opini menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament .
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Harapan
Mekar Medan yang berjumlah 65 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yakni random sampling. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan disain penelitian True
Experimental design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang
diperoleh nilai rata-rata siswa kelas XI IPA yang setelah menggunakan Metode
Pembelajaran Teams Games Tournament berjumlah 30 siswa adalah 85,83
menunjukan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat
diketahui bahwa 20 siswa (60%) sangat baik, 6 siswa (24%) baik, 0 siswa (0%)
cukup, 4 siswa (16%) kurang dan 0 siswa ( 0%) sangat kurang. Sedangkan
hasil penelitian yang diperoleh sebelum menggunakan metode Teams Games
Tournament (TGT) berjumlah 30 orang adalah 32,36 menunjukan kemampuan
kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 2 siswa
(9%) sangat baik, 1 siswa (3%) baik, 1 siswa (3%) cukup, 4 siswa (25%)
kurang, 22 siswa (60%) sangat kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil
hipotesis membuktikan nilai rata-rata hasil kerja siswa yang setelah
menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament sebesar 85,83
lebih tinggi dari pada hasil rata-rata siswa sebelum menggunakan metode
Teams Games Tournament sebesar 32,36. Berdasarkan uraian diatas, dapat
ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan
Metode Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan
menentukan fakta dan opini oleh siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Medan
Tahun Pembelajaran 2019-2020.