Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Latar belakang
penelitian ini berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru di RA Al-Hidayah
Kabupaten Langkat bahwa kreativitas anak masih sangat rendah. Rumusan
permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan ampas kelapa
dapat meningkatkan kreativitas anak pada anak RA Al-Hidayah Kabupaten
Langkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak
melalui media ampas kelapa di RA Al-Hidayah Kabupaten Langkat. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
kreativitas anak RA Al-Hidayah Kabupaten Langkat dapat ditingkatkan melalui
penggunaan media ampas kelapa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya
peningkatan persentase dari tahap pra tindakan dan setelah dilakukan tindakan
kelas. Hasil observasi pada tahap pra tindakan menunjukkan bahwa sedikit sekali
anak yang berkriteria berkembang sesuia harapan dan berkembang sangat baik.
Hasil analisis pada pra siklus persentase secara keseluruhan hanya mencapai
36,2%. Setelah adanya tindakan siklus I persentase kreativitas anak dengan
kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara
keseluruhan meningkat menjadi 68,1%, selanjutnya pada siklus II terjadi
peningkatan secara keseluruhan dengan persentase peningkatan rata-rata
mencapai 70,8%, selanjutnya pada siklus III terjadi peningkatan secara
keseluruhan sehingga hasil rata-rata pada siklus III adalah 83,4% yang menjadi
isyarat bahwa penelitian ini telah berhasil dengan standart minimal keberhasilan
secara keseluruhan adalah 80%.