Abstract:
Judul penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Dalam
Mengklasifikasikan Benda Melalui Metode Pembelajaran Modelling Pada RA
Darul Falah Langgapayung Kecamatan Sungai Kanan Labusel. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini adalah Apakah dengan Pembelajaran Modelling dapat
meningkatkan kemampuan Mengklasifikasikan Benda pada anak RA Darul Falah
Langgapayung Kecamatan Sungai Kanan Labusel?. Tujuan penelitian ini adalah
Upaya Meningkatkan Kemampuan dalam Mengklasifikasikan Benda Melalui
Metode Pembelajaran Modelling Pada RA Darul Falah Langgapayung
Kecamatan Sungai Kanan Labusel, agar anak dapat memiliki kemampuan sains.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan melakukan
tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil refleksi.
Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan yang seharusnya dilakukan
yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan
refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa melalui Melalui Metode Pembelajaran Modelling Pada RA
Darul Falah Langgapayung Kecamatan Sungai Kanan Labusel dapat
meningkatkan kemampuan anak mengklasifikasiken benda. Hal ini ditunjukkan
mulai dari hasil rata-rata pra tindakan, bahwa secara rata-rata kelas peningkatan
hasil penelitian ini dalam bentuk persen diawali dari pra siklus yang belum
menerapkan pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan
bahwa peningkatan kemampuan sains anak melalui penerapan pembelajaran
tematik dapat disimpulkan berhasil dilaksanakan. Peningkatan dapat dilihat dari
adanya peningkatan persentase pada tahap pra siklus dan setelah dilakukan
tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH
maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra
siklus 15%, selanjutnya siklus satu rata-ratanya adalah 33,75%, pada siklus dua
terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 61,25%, selanjutnya pada siklus tiga ratarata yang diperoleh anak adalah 92,5%.