Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa kata pengantar
skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini
dilakukan karena banyak ditemukan kesalahan penulisan ejaan, diksi, dan kalimat
efektif di dalam kata pengantar. Sumber data penelitian ini adalah skripsi
mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang berjumlah 71
skripsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data
kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat kesalahan penulisan
bahasa Indonesia dalam kata pengantar skripsi mahasiswa Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara tahun 2019, yaitu kesalahan kesalahan ejaan
60%, kesalahan diksi 13%,dan kesalahan kalimat efektif 27%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, kesalahan penulisan bahasa Indonesia yang dominan muncul
adalah aspek kesalahan ejaan