Abstract:
Tujuan utama penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk
meningkatkan kemampuan matematika melalui metode kerja kelompok pada anak
Kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan
kemampuan guru. Subjek penelitian adalah 22 anak kelompok B di RA Dharma
Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode kerja kelompok mampu
meningkatkan kemampuan matematika pada anak. Peningkatan kemampuan
matematika anak terjadi secara bertahap sejak prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada
kondisi sebelum diterapkan metode kerja kelompok, kemampuan matematika pada
anak hanya mencapai angka 42,04 % dengan kriteria kurang. Pada siklus I terjadi
peningkatan kemampuan matematika anak yang mencapai angka 65,91 % dengan
kriteria cukup. Pada kondisi siklus II terjadi peningkatan kemampuan matematika
anak yang mencapai angka 95,46 % dengan kriteria baik.