Research Repository

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL, MOTIVASI KERJA GURU DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN DELI SERDANG

Show simple item record

dc.contributor.author TILAWATI, SRI
dc.date.accessioned 2021-03-31T02:09:11Z
dc.date.available 2021-03-31T02:09:11Z
dc.date.issued 2021-02-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14981
dc.description.abstract Meneliti guru sebagai bagian dari pelaksana pendidikan di sekolah sangat diperlukan. Tidak jarang ditemukan guru yang kurang memiliki kinerja yang baik dalam menyelesaikan tugasnya. Yang berakibat kurang berhasilnya tujuan yang ingin dicapai. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi guru dalam bekerja. Motivasi dapat dipandang sebagai energi dalam diri seseorang yang ditandai oleh munculnya perasaan dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Gaya kepemimpinan kepala sekolah juga dapat mendorong peningkatan kinerja guru serta didukung juga oleh lingkungan kerja yang memadai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Gaya kepemimpinan Situasional, Motivasi Kerja Guru dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se Kabupaten Deli Serdang. Adapun variabel dalam penelitian yaitu gaya kepemimpinan situasional (X₁ ), Motivasi Kerja Guru (X₂ ), dan Lingkungan Kerja (X₃ ) sebagai variabel bebas sedangkan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Madrasah Aliyah Negeri Se Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 83 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara (interview), dan observasi. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22.0, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial variabel Gaya Kepemimpinan Situasional mempengaruhi Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se Kabupaten Deli Serdang; (2) secara parsial variabel Motivasi Kerja Guru mempengaruhi Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se Kabupaten Deli Serdang; (3) secara parsial variabel Lingkungan Kerja mempengaruhi Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se Kabupaten Deli Serdang; (4) secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Gaya Kepemimpinan Situasional, Motivasi Kerja Guru dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se Kabupaten Deli Serdang. en_US
dc.subject Gaya Kepemimpinan Situasional en_US
dc.subject Motivasi Kerja Guru, en_US
dc.subject Lingkungan Kerja en_US
dc.subject Kinerja Guru en_US
dc.title PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL, MOTIVASI KERJA GURU DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN DELI SERDANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account