dc.description.abstract |
Secara keseluruhan penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui teknik
dan kepemimpinan seorang kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan
kinerja guru di SMP Taman Asuhan Pematangsiantar. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pedagogis,psikologis,
sosiologis, dan manajerial. Dalam memaparkan data dan hasil penelitian di lokasi,
peneliti menggunakan beberapa instrumen yang digunakan. Instrumen tersebut
adalah wawancara,dokumentasi serta observasi. Cara tersebut dilakukan untuk
mendapatkan data primer maupun sekunder.
Data penelitian juga dianalisis deduktif dan induktif dan tentunya
menggunakan metode yang terukur dan relevan. Dalam penelitian ini narasumber
yang dapat memberikan informasi untuk data adalah melalui guru, kepala sekolah
maupun peserta didik. Dan prosedur serta teknik pengumpulan data juga
dilakukan dengan melakukan wawancara (interview) untuk mendapatkan data dan
informasi tentang lisan atau perkataan (verbal), observation atau pengamatan
untuk mendapatkan pemahaman atas tindakan, serta sikap yang terjadi, dan
menggunakan dokumentasi dalam menemukan dan mengumpulkan data melalui
foto, dokumentasi maupun rekaman.
Hasil penelitian ini adalah bahwasanya gaya kepemimpinan kepala
sekolah sangat mempengaruhi kinerja guru dalam menjalankan tugasnya
mengajar. Gaya kepemimpinan yang kharismatik, selalu menghargai dan turut
berpartisipasi membuat para guru merasa dipedulikan dan senang dalam
menjalankan tugas. Rasa kekeluargaan menjadi semangat baru dalam bekerja.
Selain itu penerapan manajemen kelas juga berpengaruh dapat meningkatkan
kinerja guru karena dengan pemahaman yang baik tentang manajemen kelas
membuat guru menjadi memahami pengelolaan dan pengorganisasian kelas.
Penggunaan metode dan perencanaan pembelajaran menjadikan guru dapat
meningkatkan kinerja dan kompetensinya dalam mengajar. |
en_US |