Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Manurung, Rika
dc.date.accessioned 2021-03-17T11:08:00Z
dc.date.available 2021-03-17T11:08:00Z
dc.date.issued 03-2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14918
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi pada kompetensi pengertian, fungsi dan jenis uang siswa kelas XI Ak SMK PAB 2 Helvetia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Cooperative Learning Technique Jigsaw juga apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 PAB 2 Helvetia. Populasi penelitian ini adalah kelas XI AK 1 yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes bentuk subjetif berbentuk uraian yang berjumlah 10 soal yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre tes diperoleh mean 69,47 dan standart deviasi 10,05. Sedangkan untuk data pos tes diperoleh mean 84,34 dan standart deviasi 8,60. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors untuk mengetahui uji normalitas data hasil belajar. Uji homogenitas menggunakan uji 2 pihak dengan signifikan α=0,05. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunaka uji t 2 pihak dengan dk=N-1 pada α=0,05 dari data hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 9,89>1,687 maka Ho ditolak dan Haditerima. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Students Centered Learning (SCL) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016. en_US
dc.subject Students Centered Learning (SCL) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account