dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama ntuk menganalisis bagaimana
faktor kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap orang
lain pada tingkat kepuasan anggota Koperasi Wanita Kencana. Kedua Untuk
menganalisis apa hambatan-hambatan utama anggota koperasi selama menjadi
bagian dari Koperasi Wanita Kencana di Desa Galang Suka, Kecamatan Galang.
Kabupaten Deli Serdang.
Penelitian ini berlokasi di Desa Galang Suka, Kecamatan Galang.
Kabupaten Deli Serdang. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data
sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif dan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala
likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor kejujuran (X1) memiliki
nilai rata-rata sebesar 336, faktor keterbukaan (X2) memiliki nilai rata-rata
sebesar 332, faktor tanggung jawab (X3) memiliki nilai sebesar 331, dan faktor
kepedulian (X4) memiliki nilai rata-rata sebesar 326. Dilihat dari skor rata-rata
faktor kejujuran, faktor keterbukaan, faktor tanggung jawab, dan faktor
kepedulian berada pada kategori sangat puas pada nilai jawaban 321-400.
Sehingga pelayanan yang dilakukan koperasi berdasarkan faktor kejujuran, faktor
keterbukaan, faktor tanggung jawab, dan faktor kepedulian sangat berpengaruh di
dalam meningkatkan kepuasan anggota Koperasi Wanita Kencana. Hambatanhambatan
utama
anggota
koperasi
dalam
penggunaan
jasa
simpan
pinjam
adalah
proses
peminjaman yang panjang, dalam pengunaan kredit adalah kredit yang
diperoleh terpaksa digunakan untuk tujuan lain/menyimpang dari rencana awal,
dan hambatan utama koperasi dalam pengelolaan koperasi adalah minimnya
inovasi-inovasi yang dilakukan koperasi dalam menarik minat masyarakat untuk
bergabung menjadi anggota |
en_US |