Abstract:
Studi tentang pemahaman mahasiswa PPKn UMSU pada perilaku plagiat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang
perilaku plagiat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Deskriftif Kuantitatif.
dapat dilihat dari hasil penilaian angket, dengan populasi berjumlah 108 orang dan
Penelitian ini memiliki sampel 108 orang mahasiswa PPKn UMSU dari semester
1-7.
Analisis penelitian bahwa pemahaman mahasiswa dapat dikatakan sangat
minim dengan responden jawaban angket secara keseluruhan, hal ini dapat dilihat
jumlah jawaban “YA” sebanyak 44,4% dibawah standart skala persentase, Ada
lima (5) tingkat plagiarisme, yang sebagian besar ditemukan di kalangan
mahasiswa, yang dapat diintisarikan dari berbagai pandangan : Ada lima (5)
tingkat plagiarisme, yang sebagian besar ditemukan di kalangan mahasiswa, yang
dapat diintisarikan dari berbagai pandangan : 1) Pemahaman mahasiswa pada
perilaku plagiat 39,1% 2) Kemampuan mahasiswa mengklasifikasikan perilaku
plagiat 50,2% 3) Pemahaman mahasiswa tentang cara mengutip yang baik dan
benar46,7% 4) Pemahaman mahasiswa tentang pelanggaran pada perilaku plagiat
47,2% 5) Hambatan dalam mengumpulkan informasi dalam penulisan 50,9%.
Maka Kepada Dekan, Ka. Prodi FKIP khususnya PPKn agar membuat
batasan tentang etika penulisan, penyuntingan dan lain-lain. Selain itu perlu
Sosialisasi etika penulisan cukup disampaikan dosen lewat pesan-pesan di setiap
pertemuan kuliah selain itu dapat melakukan Papan pengumuman lebih efektif
dalam menyebarkan etika penulisan bebas dibandingkan buku panduan. Dari hasil
angket tentang pemahaman mahasiswa PPKn terhadap perilaku plagiat sangat
kurang, maka pihak kampus memerlukan berberapa media sosialisai seperti
pamplet, buku, papan maupun menggunakan metode ceramah diproses belajar
mengajar.