Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Direct Mail dan
Telemarketing dalam memutuskan pembelian paket umrah Auliya Tour and
Travel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer Auliya
Tour & Travel yang berjumlah jumlah 146 orang. Sedangkan sampel yang
diambil sebanyak 50 orang customer dengan menggunakan sampel non
probability sampling dengan teknik purposive sampling. .Metode analisis yang
digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda.
Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f dan determinasi (R2). Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil
kesimpulan bahwa Direct Mail berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian hal ini didasarkan pada hasil Uji thitung Thitung Direct Mail = 2,590
maka diperoleh Thitung > Ttabel atau 2,590 > 2,009, nilai signifikan 0.013 < 0.05
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Serta Telemarketing berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian karena pada hasil Uji Thitung Telemarketing =
2,840 maka diperoleh Thitung > Ttabel atau 2,840 > 2,009, nilai signifikan 0.007 <
0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R
Square menunjukkan sekitar 59,3% variabel Keputusan Pembelian (Y)
dipengaruhi Direct Mail (X1) dan Telemarketing (X2). Sementara sisanya sebesar
40,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka
penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel Direct Mail dan
Telemarketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,593 atau
59,3% terhadap Keputusan Pembelian Paket Umrah Auliya Tour and Travel.