Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami teks deskriptif yang masih kurang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode GIST (Generating Interaction Schemata And Text) terhadap kemampuan memahami teks deskriptif siswa kelas VIII SMP Gelora Pancasila Tahun Pembelajaran 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Gelora Pancasila. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa di kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Analisis data menggunakan t-test (hipotesis) dengan taraf nyata 𝞪 = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian bahwa thitung = 24,932 dan ttabel = 1,6735. Karena 24,932 > 1,6735 atau thitung > ttabel. Maka kesimpulannya adalah Ho di tolak dan Ha di terima, maka dapat disimpulkan bahwasanya Ada pengaruh yang signifikan antara metode GIST (generating interaction between schemata and text) terhadap kemampuan memahami teks deskriptif siswa kelas VIII SMP Gelora Pancasila.