dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen
terhadap kualitas minuman kopi arabika serta untuk mengetahui pengaruh kualitas
minuman kopi arabika terhadap kepuasan konsumen. Pemilihan lokasi penelitian
yaitu di Otten Coffee, dilakukan dengan pertimbangan bahwa Otten Coffee
merupakan salah satu kedai kopi popular dikalangan penikmat kopi yang ada di
Kota Medan. Lokasi penelitian dilakukan di Otten Coffee Jl. Kruing No.3 EF,
Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.
Metode penentuan sampel ini dilakukan dengan metode accidental
sampling yaitu teknik penentuan sampel yang cara memperoleh data untuk
sampel tersebut dengan cara insidental atau secara kebetulan ditemui di lokasi
penelitian, dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Jenis data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan
adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kepuasan konsumen Otten
Coffee terhadap kualitas minuman kopi arabika yang di analisis dengan
menggunakan metode CSI diperoleh nilai 0,7441 atau 74,41%. Berdasarkan
kriteria nilai Customer Satisfaction Index (CSI) nilai ini berada pada rentang nilai
0,66-0,80 atau 66-80% yaitu dalam kategori puas. Sehingga dapat di simpulkan
bahwa secara umum tingkat kepuasan konsumen Otten Coffee dikatakan
memuaskan. Hasil statistik uji t untuk kualitas produk minuman kopi didapatkan
nilai t hitung yaitu sebesar 4,877 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yaitu
lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0,05) maka keputusannya tolak H0 dan terima H1.
Artinya secara parsial kualitas produk minuman kopi memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen |
en_US |