dc.description.abstract |
Meningkatnya penggunaan internet menimbulkan fenomena penggunaan
electronic word of mouth (Ewom), dan brand ambassador sebagai strategi
pemasaran untuk meningkatkan minat beli produk. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh electronic word of mouth (Ewom), dan brand
ambassador terhadap purchase intention yang di mediasi oleh brand image.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif. Sampel dalam penelitian
ini diambil dengan menggunakan metode nonprobability sampling yang
menggunakan sampel insidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu
sebanyak 100 responden pengguna e-commerce tokopedia, shopee, bukalapak,
dan lazada. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
PLS (Partial Least Square) melalui software Smart PLS dengan WarpPLS 3.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan pengaruh Ewom terhadap purchase intention, namun brand image tidak
berperan dalam memediasi pengaruh Ewom terhadap purchase intention.
Sedangkan brand ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase
intention namun brand image berperan signifikan dalam memediasi pengaruh
brand ambassador terhadap purchase intention. |
en_US |