dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta AL-Ulum Medan pada tahun
2019/2020, dengan jumlah populasi 33 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang
digunakan adalah tehnik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan
penelitian untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa berupa essay tes
sebanyak 10 item soal. Teknik analisis data yang dipergunakan penelitian yaitu
analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis
menggunakan uji t pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) alpha 0,05.
Dari hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar akuntansi siswa
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan model
konvensional. Dapat dilihat dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung
adalah 2,795 dan nilai ttabel adalah 1,717. Maka dapat dipahami hasil hipotesis
menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,795>1,6972. Dengan kata lain Ha
diterima.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar akuntansi
siswa di SMA Swasta Al-Ulum Medan |
en_US |