dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual
Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI
SMK Panca Budi 2 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK
Akuntansi kelas XI sebanyak 45 orang yang berperan sebagai responden.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan pogram aplikasi SPSS v23 dengan teknik analisis
data Regresi Linier Berganda dan Asumsi Klasik. Lalu melakukan uji kualitas data
dengan menggunakan uji Validitas dengan menggunakan Corrected Item. dan uji
Reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji Hipotesis dalam
penelitian ini peneliti menggunakan uji t, dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kecerdasan Intelektual
menunjukkan, hasil hitung 4.163 > ttabel 2.018 (sig 0.000 < 0.05) sehingga
menunjukkan Kecerdasan Intelektual (X1) berpengaruh signifikan terhadap
Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI SMK Panca Budi 2 Medan. Dari hasil
pengujian Fasilitas Belajar (X2) menunjukkan hasil 28.847 > nilai ttabel 2.018 (sig
0.000 < 0.05) sehingga menunjukkan bahwa Fasilitas Belajar (X2) berpengaruh
signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Panca Budi 2
Medan. Untuk Kecerdasan Intelektual dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif
signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai hitung 565.537 > tabel 3.21
dengan (sig 0.000 < 0.05), selanjutnya nilai R Square dalam model regresi adalah
0.964 menunjukan sebesar 96.4 % Kecerdasan Intelektual (X1) dan Fasilitas
Belajar (X2) mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Siswa (Y). |
en_US |