Research Repository

Pengaruh Pengaruh Metode Pembelajaran Meaningful Instructionnal Design Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Rahmat Islamiyah Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Arif Hidayat
dc.date.accessioned 2020-12-17T03:24:48Z
dc.date.available 2020-12-17T03:24:48Z
dc.date.issued 2020-09-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14627
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Meaningful Instructionnal Design terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Rahmat Islamiyah Medan dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran Meaningful Instructionnal Design dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa yaitu 35 siswa pada kelas VIII-A untuk kelas eksperimen, dan juga berjumlah 35 siswa VIII-B pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Meaningfull Instructional Design terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII Sekolah SMP Rahmat Islamiyah Medan. Hal ini dibuktikan dengan uji “t” pada dua kelas di mana thitung> ttabel yaitu 3,572>1,668 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak en_US
dc.subject Meaningfull Instructional Design en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Pengaruh Metode Pembelajaran Meaningful Instructionnal Design Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Rahmat Islamiyah Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account