dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami nilai- nilai pendidikan islam
yangberawal dari masa perkawinan yang ideal dan kaitannya dengan pendidikan dan penanaman
nilai- nilai pendidikan islam pada anak atau peserta didik tersebut. Rumusan masalah yang dibuat
adalah apakah nilai- nilai pendidikan islam menurut perspektif pemikiran Abdullah Nashih Ulwan
dan bagaimana penanaman nilai- nilai pendidikan islam tersebut dapat di realisasikan dalam
kehidupan nyata oleh peserta didik baik didalam lingkungan sekolah maupun dalam keluarga.
Latar belakang adanya penelitian ini adalah pendidikan merupakan salah satu kunci utama
seorang anak untuk memperoleh pembelajaran dan pengajaran dengan mengarah menjadi pribadi
yang lebih baik dari sebelumnya tidak hanya aspek pengetahuan namun kepribadiannya.
Dilihat dari zaman sekrang yang mempengaruhi pendidikan dan pemikiran pendidikan yang ada
maka nilai kemurnian pendidikan sangatlah penting untuk tetap dipertahankan kemurnian yang
sebenarnya.pengertian pendidikan yang sebenarnya ialah usaha menolong anak untuk menolong
mengembangkan sikap kepribadian pada anak tersebut.Juga menurut Prof. Dr. H. Haris Supranto
di bukunya Muchlis Samadi, menyatakan “Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi
keluarga maupun negara yang sangat bermakna, pendidikan yang bermakna merupakan upaya
membantu anak didik untuk memperdayakan potensi yang dimilikinya. Sedangkan pendidikan
islam itu sendiri adalah Menurut Sidi Gazalba adalah sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai
bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah dan menurut pembuktian
empirik, melainkan soal penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki, disenangi dan tidak
disenangi.
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian berjenis kajian pustaka atau library
research dengan menelaah buku Tarbiyatul Aulad karya Abdullah Nashih Ulwan jilid I dan II yang
bertujuan untuk memahami apa saja nilai- nilai pendidikan islam yang dipaparkan oleh beliau,
adapun teknik penelitian ini penulis menggunakan analisis teks wacana.
Hasil dari analisis yang diperoleh adalah (1) nilai pendidikan islam berdasarkan
perkawinan sebagai fitrah manusia (2 ) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan sebagai
sosial interest (3) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan pilihan (4) nilai pendidikan islam
dengan keteladanan (5) nilai pendidikan islam dengan kebiasaan (6) nilai pendidikan islam dengan
nasihat (7) nilai pendidikan islam dengan memberikan perhatian (8) nilai pendidikan islam dengan
memberikan hukuman.
Dengan itu kesimpulannya bahwa nilai pendidikan islam itu dapat direalisasikan dan
diusahakan dengan usaha dari para pendidik baik dilingkungan sekolah atau keluarga sendiri
dengan menggunakan nilai- nilai pendidikan islam menurut perspektif pemikiran abdullah nashih
ulwan itu tersebut. Karena pendidikan keluarga dan lingkungan menjadi salah satu tolak ukur
berkualitas atau tidaknya seorang anak atau peserta didik tersebut. |
en_US |