dc.description.abstract |
Metode baghdadiyah merupakan metode belajar Alquran yang telah lama
berkembang di Indonesia. Metode yang dikenal dengan istilah Juz Amma ini juga
digunakan secara luas, paling tidak dalam wilayah Asia Tenggara. Rumusan
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan Metode
Baghdadiyah Terhadap Kemampuan Membaca Al Quran Siswa di MTs Al
Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen,
subjek penelitian yang dikenai adalah siswa MTs Alwashliyah 05 Kecamatan
Medan Belawan yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian diperoleh Hasil nilai dari korelasi product moment
adalah rxy = 0,602 yang berarti bahwa ada korelasi cukup tinggi dan Hipotesis
Alternatif (Ha): ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Baghdadiyah
terhadap kemampuan membaca Al Quran di MTs Alwashliyah diterima.
Persentase kenaikan nilai adalah 77,33% sehingga dapat dikatakan dalam
kategori baik. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode
Baghdadiyah terhadap kemampuan membaca Al Quran di MTs Alwashliyah. |
en_US |