Research Repository

Transformasi Digital Terhadap Kelangsungan Profesi Public Relations Di Era Disrupsi

Show simple item record

dc.contributor.author Pribadi, Arguanda
dc.date.accessioned 2020-12-17T02:22:08Z
dc.date.available 2020-12-17T02:22:08Z
dc.date.issued 2020-11-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14595
dc.description.abstract Transformasi digital merupakan sebuah perubahan cara penanganan pekerjaan dengan menggunakan teknologi informasi untuk mendapatkan efisiensi dan efektivitas. Sejak bulan April tahun 2011 pemerintah telah menggaungkan Indonesia 4.0, lewat kementrian perindustrian telah membuat making Indonesia 4.0 sebagai sebuah Roadmap (peta jalan) yang telah terintegrasi sebagai implementasi sejumlah strategi dalam memasuki era industri 4.0. Profesi public relations menjadi sasaran bagi era disrupsi teknologi 4.0 yang mampu menghasilkan big data, analytic data, artificial intelligence, internet of things(IoT) yang mendokrak kualitas dan efektivitas berbagai fungsi public relations secara eksponensial. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan wawancara mendalam kepada responden yang sudah ditentukan. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan yaitu penelitian yang berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan ilmiah. Data diperoleh dari dua orang narasumber diantaranya satu orang pekerja Pertamina MOR I Medan dan satu orang Ketua BPC Perhumas Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yang merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, dan transformasi data yang muncul dari catatan tertulis dan lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada narasumber peluang kinerja manusia dalam profesi public relations masih memiliki masa depan yang baik dan menggembirakan diera disupsi karena era ini akan menjadi rival para pekerja praktisi public relations agar lebih maju. Sebab artificial intelligence (AI) dapat mendukung dan memudahkan praktisi public relations dalam menajalankan tugasnya. en_US
dc.subject Transformasi Digital en_US
dc.subject Profesi Public Relations en_US
dc.subject Artifical en_US
dc.title Transformasi Digital Terhadap Kelangsungan Profesi Public Relations Di Era Disrupsi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account