Abstract:
Permasalahan penelitian inin adalah apakah ada pengaruh ketersediaan buku di perpustakaan terhadap pengetahuan kewarganegaraan (Civic Knowladge) Di SMK AL-Maksum Stabat Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan buku di perpustakaan terhadap peningkatan pengetahuan kewarganegaraan (Civic Knowladge) di SMK AL-Maksum Stabat Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK AL-Maksum Stabat yang terdiri dari kelas XI-1, XI-2 dan XI-3 dengan jumlah 95 orang siswa, yang diteliti adalah sebagian siswa sebanyak 23 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, yang dimana angket ini melakukan pengamatan di SMK AL-Maksum Stabat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan unit analisis Product Moment. Dari hasil penelitian koefisienkorelasi yang ditemukan sebesar 0,705 dan termasuk katagori KUAT. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi product moment (rhitung = 0,705> rtabel = 0,413) dan (thitung = 3,889> rtabel = 2,080). Hubungan Ketersediaan Buku di Perpustakaan dengan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowladge) siswa kelas XI di SMK AL-Maksum Stabat pada taraf 86% adalah 0,705 dikategorikan hubungan Sangat Kuat. Demikian disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Ketersediaan Buku di Perpustakaan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowladge) Di SMK AL-Maksum Stabat Tahun Ajaran 2019/2020.