Research Repository

Implementasi Instrumen Sosiometri Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Satrya Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Show simple item record

dc.contributor.author Pane, Nora Hanifa
dc.date.accessioned 2020-12-08T04:12:48Z
dc.date.available 2020-12-08T04:12:48Z
dc.date.issued 2020-11-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14498
dc.description.abstract Interaksi sosial adalah sebuah hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan individu yang satu dengan individu lainnya,antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun kelompok dengan individu. Dalam interaksi juga terdapat symbol, dimana siymbol diartikan suatu yang nilai atau maknanya diberikan kepada mereka yang menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui bagaimana interaksi sosial siswa di kelas VIII-2 di sekolah SMP Swasta Budi Satrya Medan dengan menggunakan sosiometri dan juga dibantu dengan tindakan yang berasal dari layanan yang ada pada bimbingan konseling yaitu konseling kelompok. Adapun subjek dari penelitian ini adalah 10 orang siswa yang memiliki interaksi yang kurang baik atau yang kurang berkesan di hati teman-teman yang lainnya.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha meningkatkan interaksi sosial siswa dengan menggunakan sosiometri. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa ada beberapa siswa yang memiliki interaksi yang kurang baik,namun karena penelitian menggunakan tindak lanjut berupa konseling kelompok maka hanya dapat dipilih 10 orang saja. Sebelum dilaksanakan konseling kelompok hanya ada 2 orang yang berhasil masuk kepada kategori popular. Pada siklus I setelah dilakukan konseling kelompok sudah terjadi peningkatan interaksi sosial siswa dikelas yakni sebanyak 50% walaupun belum mencapai target keberhasilan. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan kembali sebanyak 60% dan pada siklus II ini sudah mencapai tingkat keberhasilan. Jadi penggunaan sosiometri dapat meningkatkan interaksi sosial siswa namun juga dibantu dengan adanya tindak lanjut berupa layana konseling kelompok di sekolah SMP Swasta Budi Satrya Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa (anggota kelompok) meningkat, hal ini dapat membuktikan dari hasil analisis angket sosiometri, observasi, dokumentasi. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Implementasi Sosiometri en_US
dc.subject Interaksi Sosial en_US
dc.subject SMP Budi Satrya Medan en_US
dc.title Implementasi Instrumen Sosiometri Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Satrya Medan Tahun Ajaran 2019/2020. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account