Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap kebiasaan penggunaan gawai dengan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU berjumlah 160 orang dan peneliti mengambil sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 18 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan penggunaan gawai pada smartphone dengan hasil belajar mahasiswa. Selain itu dengan semakin banyak mahasiswa menggunakan gawai sebagai alat mencari informasi atau menambah wawasan selain buku maka hasil belajar mahasiswa mendapatkan hasil yang baik sedangkan menggunakan gawai dalam hal negatif dapat menyebabkan hasil belajar mahasiswa menurun.
Dan adapun nilai rata-rata jumlah indeks korelasi ( ) dari hubungan penggunaan gawai dengan hasil belajar mahasiswa sebesar 0,99, sebesar 28,2, dan sebesar 2,120.