dc.description.abstract |
Penelitian yang dilakukan bertujuan sebagai berikut : (1). Untuk mengetahui saluran
pemasaran kelapa sawit rakyat. (2). Untuk mengetahui besar margin pemasaran,
distribusi marjin dan farmer share kelapa sawit rakyat di (3). Untuk mengetahui
tingkat efisiensi pemasaran kelapa sawit rakyat.
Analisis pemasaran kelapa sawit memiliki dua pola saluran pemasaran dan
terdiri dari petani, pengumpul, pedagang dan pabrik. Kehadiran lembaga pemasaran
ini akan berdampak pada margin dan pemasaran, pendapatan dan biaya yang akan
ditimbulkan oleh cara masing-masing organisasi pemasaran.
1. Hasil akhir perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan margin di setiap
saluran pemasaran berbeda, di mana margin di saluran pertama adalah Rp. 195 /
kg, dan seluruh margin di saluran pemasaran ke-2 adalah Rp. 90 / Kg.
2. Efisiensi saluran pemasaran kelapa sawit di setiap saluran pemasaran termasuk
dalam kategori efisien. Karena nilai EP adalah ≤ 50%. Dalam saluran pemasaran
pertama, biaya Ep adalah 13,18%, dan dalam saluran pemasaran II, harga Ep
adalah 7,27%. Tetapi dalam hal ini dapat diperoleh hasil saluran pemasaran II
dianggap lebih efisien dari pada saluran pemasaran I karena dapat dilihat dari
harga saluran pemasaran tahap II lebih kecil. |
en_US |