dc.description.abstract |
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis pola saluran
pemasaran kopi arabika, untuk menganalisis fungsi-fungsi pemasaran yang
dilakukan oleh setiap saluran pemasaran kopi arabika dan untuk menganalisa
tingkat efisiensi pemasaran kopi arabika di daerah penelitian. Data primer
diperoleh dengan cara wawancara dan kuisioner langsung dengan responden.
Dalam penelitian ini banyaknya sampel yang diambil adalah 32 petani kopi
arabika. Adapun penentuan jumlah sampel yang di gunakan oleh penulis dalam
penelitian ini adalah simple random sampling. Metode analisis data yang
digunakan adalah deskriptif dan rumus efisiensi pemasaran. Dari hasil penelitian
dan pembahasan yang diuraikan sebelumnya, maka dapat diambil beberapa
kesimpulah sebagai berikut: (1) Dari hasil penelitian terdapat dua pola saluran
pemasaran yaitu: Petani → Pedagang Pengumpul Desa → Pabrik → Konsumen.
Petani → Agen → Pabrik → Konsumen. (2) Dari hasil penelitian fungsi-fungsi
pemasaran yang dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran berbeda meskipun ada
yang sama. (3) Dari hasil penelitian, kedua saluran pemasaran sudah efisien. Tapi
saluran yang pertama lebih efisian. Dimana tingkat efisiensi pada saluran pertama
0,92% dan tingkat efisiensi saluran kedua 0,90%. |
en_US |