Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan
ajar yaitu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Matematika SMP berbasis
ALQURUN Teaching Model (ATM) pada materi Perbandingan. Karakteristik
LKPD matematika SMP berbasis ATM pada materi perbandingan dikembangkan
berdasarkan sintaks ATM, yaitu acknowledge, literature, quest, unite, refine, use,
dan name. Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan metode penelitian
dan pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model
ADDIE yang dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah peneliti hanya
membuat tahap analisis (analysis), tahap desain (design), dan tahap
pengembangan (development). Instrumen penelitian yang digunakan adalah
instrumen nontes berupa angket uji ahli yaitu lembar validasi RPP dan lembar
validasi LKPD. Kevalidan RPP dan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan
skor maksimal 4 untuk tiap-tiap pertanyaannya. Hasil penelitian rata-rata untuk
RPP dan LKPD dari dua guru matematika dan satu dosen ahli berturut-turut yaitu
3,5 dan 3,6 yang berarti LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori sangat
baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis ALQURUN Teaching Model
(ATM) pada materi Perbandingan yang telah dikembangkan sangat layak
digunakan.