Abstract:
Bahan ajar yang terlalu monoton dan tidak memiliki warna pada LKPD
yang saat ini digunakan banyak siswa disekolah membuat siswa kurang tertarik
untuk melihat bahkan membacanya. Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana
desain pengembangan dan kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD)
Matematika dengan menggunakan model contextual teaching learning pada pokok
bahasan Himpunan.Apakah lembar kerja peserta didik (LKPD) yang
dikembangkan dapat menggunakan model contextual teaching learning pada
pokok bahasan Himpunan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD)
menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate).
Namun dimodifikasi menjadi 3-D karena media penerapannya tidak sampai
penyebaran. Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan RPP dan angket uji
kelayakan LKPD. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada
validasi RPP oleh ketiga ahli dengan rata-rata 4,4 dengan persentase 88,6% yaitu
kategori Sangat layak. Hasil penilaian akhir pada validasi LKPD oleh ketiga ahli
dengan dengan rata-rata skor 4,5 dengan persentase 87,2% yaitu kategori Sangat
layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan
Lembar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis (LKPD) Berbasis Contextual
Teaching Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Himpunan sangat layak
digunakan.