Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan di bidang ilmu pendidikan
dan teknologi yang semakin pesat akan mempengaruhi perkembangan dan
kemajuan masyarakat di berbagai bidang. Penggunaan model pembelajaran
ATI (Aptitude Treatment Interaction) dianggap mampu membantu dalam
meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan motivasi belajar
matematika siswa pada materi lingkaran. Adapun yang menjadi tujuan dari
penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran ATI (AptitudeTreatment Interaction) terhadap kemampuan
memecahkan masalah siswa kelas VIIISMP TARBIYAH ISLAMIYAH tahun
pelajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran ATI (AptitudeTreatment Interaction) terhadap motivasi belajar
matematika siswa kelasVIIISMP TARBIYAH ISLAMIYAH tahun pelajaran
2020/2021, 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran ATI (AptitudeTreatment Interaction) terhadap kemampuan
memecahkan masalah dan motivasibelajar matematika siswa kelas VIIISMP
TARBIYAH ISLAMIYAH tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah kelasVIIISMP TARBIYAH ISLAMIYAH tahun
pelajaran 2020/2021, sementara sampel penelitian ini kelas VIII C sebagai
kelas eksperimen dan kelas X VIII B sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian
ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan
data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji MANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan
memecahkan masalah pada materi Lingkaran peserta didik kelas VIII SMP
TARBIYAH ISLAMIYAH. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji MANOVA
diperoleh