Research Repository

Penerapan Model PACE (Project, Activity, Cooperative learning dan Exercise) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Swasta Tunas Bangsa

Show simple item record

dc.contributor.author Gito, Murni Putama
dc.date.accessioned 2020-12-04T02:19:46Z
dc.date.available 2020-12-04T02:19:46Z
dc.date.issued 2020-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14390
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative learning dan Exercise) efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Tunas Bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model PACE (Project, Activity, Cooperative learning dan Exercise)dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Tunas Bangsa. Populasi dalam penelitian ini adlah seluruh siswaSMP Swasta Tunas Bangsa. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 19. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative learning dan Exercise)dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini didasarkan pada perbandingan nilai pada siklus I dan siklus II berdasarkan rubrik dari indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Jika ditinjau dari tiap indikator kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan bahwa 80,46% siswa telah mencapai kategori sangat baik dalam aspek menyatakan peristiwa seharihari dalam bahasa atau simbol matematika, 61,87% siswa kategori baik dalam aspek membuat situasi matematika dengan menyediakan ide dan keterangan dalam bentuk tulisan, 59,95% siswa sudah mencapai kategori baik dalam aspek menggambarkan situasi masalah dan menyatakan solusi masalah secara aljabar, 39,86% siswa sudah mencapai kategori cukup untuk aspek menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang soal matematika yang dipelajari. en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematis en_US
dc.subject Model PACE (Project, Activity, Cooperative learning dan Exercise) en_US
dc.title Penerapan Model PACE (Project, Activity, Cooperative learning dan Exercise) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Swasta Tunas Bangsa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account