Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Pseserta Didik (LKPD) berbasis teori APOS materi bangun ruang sisi datar
konteks budaya jambi yang memenuhi kriteria valid.
Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi Analysis
(analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Peneliti memodifikasi model
pengembangan sesuai dengan kebutuhan maka penelitian ini hanya sampai tahap
Development (pengembangan).
Tahap analysis merupakan tahap pengumpulan informasi yang dapat dijadikan
sebagai bahan untuk membuat produk yang terdiri dari analisis kurikulum dan
analisis konsep. Tahap desing dilakukan perancangan pembelajaran berupa
Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta
instrument pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahap Development
dilakukan validasi instrument berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli
materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis teori APOS materi bangun ruang sisi datar kontek budaya jambi
pada siswa SMP valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar
Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid,
ahli materi sebesar 3,5 dengan kriteria valid dan guru sebesar 3,64 dengan kriteria
valid dan rancangan pelaksanaan pembelajaran didapat sebesar 3,72 dengan
kriteria Valid.