Research Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Adila Rahmah
dc.date.accessioned 2020-12-04T02:12:53Z
dc.date.available 2020-12-04T02:12:53Z
dc.date.issued 2020-11-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14388
dc.description.abstract Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Open Ended yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan develop dilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,5 dengan kriteria valid dan guru sebesar 3,64 dengan kriteria valid, dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran didapat sebesar 3,72 dengan kriteria valid. en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik en_US
dc.subject Pendekatan Open Ended en_US
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account