Abstract:
Rumusanmasalah
dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan LKPD berbasis Problem
Based Learning pada materi Pola Bilangan untuk siswa kelasVIII SMP
Muhammadiyah 05 Medan ?, Bagaimana respon peserta didik terhadap LKPD
berbasis Problem Based Learning pada materi Pola Bilangan ? Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Problem Based
Learning pada materi Pola Bilangan, Mengetahui responpeserta didik terhadap
LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi Pola Bilangan. Jenis
Penelitian ini adalah penelitian Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (research and development atau R & D) karena mengembangkan
suatu produk untuk mengetahui valid atau tidaknya prodak yang diciptakan serta
mengetahui respon peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan yang berjumlah 59 siswa.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 30 siswa.
Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Angket tersebut berbentuk tes
uraian yang berisikan pertanyaan yang berkaitan dengan LKPD yang
dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dari validator
ahli media adalah 4,1 dari ahli materi adalah 4,0 dari guru kelas adalah 4,0 dan
dari peserta didik adalah 4,4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD pokok
bahasan Pola Bilangan untuk siswa SMP dinyatakan layak karena memenuhi
syarat kevalidan pada tabel yang digunakan.